Cerita dari Rumah

Alasan Kenapa Saya Ngeblog

Januari 01, 2022

Alasan kenapa saya harus ngeblog

Pagi hari pertama di 2022 ini dibuka dengan diskusi bersama seorang teman. Obrolan kami mengarah kepada satu pertanyaan "kenapa ngeblog?" dan "apa sih tujuan ngeblog?"

Tak jarang pertanyaan sederhana itu terkesan sulit untuk dijawab. Dalam beberapa kesempatan diskusi di grup-grup blogger hal ini pun sering menjadi pembahasan yang cukup menggelitik. Sekarang saya mau bertanya kembali pada diri saya "apa sih alasan saya ngeblog?"

Awal Mula Ngeblog

Ini adalah postingan pertama saya di blog narasi bunda. Perkenalkan saya Tri Putri Yuniarti, seorang ibu rumah tangga dengan tiga orang anak. Sebagai seorang perempuan yang mendapatkan amanah menjadi istri dan ibu, saya juga menuliskan hal-hal tentang peran saya di bundakubelajar, blog pertama saya.

Di akhir tahun 2021 kemarin, saya bermaksud menulis dengan tema lain yang lebih umum di narasi bunda ini. Jika di blog pertama saya pembahasannya lebih spesifik tentang keluarga dan pendidikan, di blog ini saya akan menulis tentang banyak bagian hidup saya yang lebih general seperti tentang makanan yang saya sukai atau spot-spot main yang saya kunjungi bersama keluarga.

menulis dan ngelog menjad me time untuk saya seorang ibu rumah tangga

Belum genap setahun sejak saya memiliki blog berdomain. Sebelumnya saya senang menulis di media sosial, tapi saya pribadi tidak suka membaca tulisan panjang di medsos. Jadi saya pun tidak terbiasa menulis panjang dan terstruktur. Maka di tiga bulan pertama tahun 2021 saya melatih kemampuan menulis yang agak panjang di google document. Setelah proses ini berjalan selama 90 hari, saya pun membuat blog TLD pertama saya.

Mungkin teman-teman bertanya-tanya kenapa ko saya langsung memakai TLD? Kenapa nggak pakai blog gratisan aja? Apakah nggak bisa ngeblog pakai blog gratisan?

Tentang Blog Gratisan

Jadi sebelum saya menulis di blog TLD, saya sempat membuat dua atau tiga blog gratisan menggunakan Wordpress. Membuat blog gratisan di Wordpress caranya cukup mudah. Teman-teman bisa berkunjung ke wordpress dot com dan membuat akun disana. Ikuti saja langkah-langkah sesuai panduan yang diberikan, InsyaAllah nggak tersesat dan akan jadi blog barunya.

Tapi ya namanya belum ada keinginan kuat untuk menulis dan rajin ngeblog, akhirnya ketika saya mau nulis lagi saya lupa password dan email yang saya gunakan huhuhu.... My bad!

Hal ini terulang beberapa kali hingga akhirnya saya memiliki tiga blog. Ketika saya membuat blog gratis terakhir, saya mendapat satu nikmat dengan kembalinya akses ke kedua blog saya sebelumnya. Tapi lagi-lagi saya masih jarang menulis hehehe.... Dalam kasus saya, saya belum konsisten menulis di blog. Paling hanya beberapa tulisan saja lalu saya kembali tidak menulis.

Pada Maret 2021 ketika saya sudah mulai konsisten menulis, saya pun bertanya pada seorang teman. Pertanyaannya kurang lebih seperti ini "Blog gratisan dulu atau langsung beli domain baiknya?"

Beruntung saya bertemu dengan seseorang yang agak berbeda. Teman saya menyarankan untuk membuat blog TLD langsung. Alasannya adalah karena kita akan lebih konsisten menulis karena tahu bahwa setiap waktu yang terlewat itu memiliki nilai (dalam bentuk uang). 

Saya pikir benar juga pendapat teman saya ini. Kita perlu membuat sistem untuk membentuk kebiasaan baru dan menjadikannya bagian dari diri kita. Walaupun kita bisa membuat sistem dengan cara lain, tapi bagi saya yang cukup perhitungan, it works on me. 

Setelah berjalan beberapa bulan menulis di blog TLD, muncul keinginan untuk memiliki blog lain. Pada saat itu pertanyaan yang terus berputar-putar di kepala saya adalah "TLD atau gratis?" kali ini pertimbangannya beda. Jika saya membuat blog gratisan dan suatu saat ingin pindah ke TLD apakah harus mulai dari nol lagi? Dan jawabannya adalah iya.

Oh iya, sebelumnya saya membuat blog menggunakan Wordpress yang mana semua dimulai dari nol seperti SPBU. Selama ini saya beberapa kali membuat blog dengan Wordpress dan merasa lebih nyaman. Apalagi kalau self host, enak banget ini karena banyak plugin-plugin yang akan menolong kapanpun dibutuhkan.

Migrasi dari Blogspot Gratis ke TLD

Di Narasi bunda ini saya membuat blog di Blogspot. Alasan pertama adalah ingin menghancurkan block mental saya bahwa blogspot itu susah dan alasan keduanya adalah blogspot lebih irit karena tidak perlu membeli hosting hehehehe.... 

mana yang lebih baik antara blogger dan wordpress

Sebenarnya bisa saja jika teman-teman mau mengganti blog gratisan dari blogspot menjadi domain TLD di Blogspot. Jadi nggak harus mulai dari nol lagi. Pun jika teman-teman mau langsung TLD pun sebelumnya harus membuat yg gratis dulu dan menyetting domainnya di dashboard.

Jadi bagi yang mau pakai blog gratisan dulu sebelum beli TLD, saya sarankan pakai blogspot aja biar gak perlu mulai dari nol lagi.

Ngeblog Buat Apa?

Kembali lagi ke pembahasan awal kita ya, kenapa sih ngeblog? buat apa ngeblog?

Saya yakin jawaban setiap orang akan berbeda-beda. Tapi saya punya alasan sendiri yang melatabelakangi hingga akhirnya saya pun ngeblog. Alasan kenapa ngeblog ini akan menjadi Big Why kenapa saya ngeblog dan menjadi pengingat ketika mulai lalai atau niatnya bergeser.

Terdengar klasik, tapi saya bisa apa jika memang alasan utama dari segala aktivitas kita seharusnya ditujukan untuk beribadah?

prinsip utama saya dalam ngeblog dan menulis

Walaupun ngeblog bagi saya adalah bentuk me-time dan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun kesenangan itu dibatasi oleh batasan yang juga ditetapkan oleh Yang Maha Mengatur. Maka tidak selayaknya jika tulisan saya mengajak kepada hal-hal yang tidak Dia perkenankan. Misalnya mereview skincare haram, atau mengajak kepada riba, dan pada hal-hal semisal.

Karena bagi saya menulis dan ngeblog pun bukan hanya sekadar menulis, posting dan tulisan kita bisa dinikmaati banyak orang, tapi tentang legacy. Apa yang mau saya tinggalkan di dunia ini dan apa yang bisa saya jadikan sebagai tabungan kebaikan?

Jika ditanya apakah nggak mau punya penghasilan dari blog? Ya siapa juga yang nggak mau bersenang-senang sambil menjalankan hobi dan dibayar? Saya juga mau. Tapi untuk saya pribadi prinsip utama tadi nggak boleh diabaikan. Dan yang penting tetaplah menulis walau itu bukan job.

Orang bilang perempuan butuh mengeluarkan dua puluh ribu kata setiap hari. Saya nggak pernah ngitung sih berapa kata yang saya keluarkan lewat lisan dan tulisan. Tapi yang saya alami, ketika saya rutin menulis dan menata tulisan yang sekiranya cukup layak untuk dipublikasikan, saya menjadi lebih rileks dan happy

Selain itu saya juga merasa kata-kata yang saya tuliskan menjadi lebih rapi dan terstruktur. Efek dari kebiasaan ini menjadikan kemampuan bicara saya juga lebih meningkat. Kosa kata dan wawasan pun jadi lebih luas dan kaya karena untuk bisa menulis kita juga harus memperkaya wawasan dengan membaca dan menambahnya dengan referensi lain.

Penutup

Bagi teman-teman yang mau mulai ngeblog, boleh dipikirkan dulu Big Why-nya apa, agar jalannya lebih enak karena kita sudah punya tujuan yang mau dicapai. Tapi bagi yang udah ngeblog, boleh juga ko merumuskan kembali Big Why-nya agar semakin asik ngeblognya.

Boleh juga kalau pakai blog gratisan. Saran saya pakai blog spot aja biar bisa lanjut statistiknya kalau nanti mau pindah ke TLD. Atau mau langsung pakai TLD? boleh banget. Pakai Wordpress atau Blogspot insyaallah sama baiknya. Semua punya plus-minus yang bisa jadi pertimbangan sebelum memutuskan.

Selamat ngeblog ya teman-teman!



7 komentar on "Alasan Kenapa Saya Ngeblog"
  1. Menginpirasi sekali. Saya yang newbie di dunia blog jadi tertantang dengan kisah nya

    BalasHapus
  2. hihi samaa.. sy juga langsung ngegas bikin TLD, padahal masih pemula banget 😁

    BalasHapus
  3. Jadi rekomendasi pake blogspot ya bunda... Catat nih

    BalasHapus
  4. Semangat buuunnn... kalau lagi down bisa baca2 lagi tulisan ini nih. Biat semangatnya on lagi. Sukses selalu

    BalasHapus
  5. Semangat konsisten ngeblog di awal tahun kayak mbak Tri ah! 😊

    BalasHapus
  6. Selamat ngeblog bareng, ya mba. saya juga sempat seperti itu, lupa password, padahal isinya sudah lumayan banyak. tpi ada keajaiban yang mengembalikan blog pertama saya. masyaAllahu tabarakallahu. dan akhirnya sekarang sayapun punya 2 blog..hihi..tiga malah, tapi yg ketiga ini belum TLD.

    BalasHapus
  7. Sama saya juga awalnya blog gratisan. Semangat menulis mba

    BalasHapus