Cerita dari Rumah

Ngeblog dari Nol Bersama IIDN

Januari 25, 2022
Ngeblog dari nol bersama ibu-ibu doyan nulis IIDN


Ketika saya pertama kali mulai ngeblog, jujur saya merasa bingung harus memulai dari mana. Maklum, namanya juga ngeblog dari nol.

Saya pun masih rancu dengan definisi ngeblog dari nol. Apakah maknanya ngeblog dari awal sekali bahkan memulainya dari cara membuat blog gratis dulu? Ataukah sudah tergolong lama ngeblog tapi skill soal blogging masih nol putul?

Namun rasanya saya juga tidak tergolong ke dalam dua definisi yang telah saya sebutkan di atas. Meskipun belum genap satu tahun menekuni dunia blogging, namun step-step blogging dasar sepertinya sudah saya lalui. Sedangkan untuk masuk ke dalam golongan blogger berpengalaman pun agaknya saya belum cukup layak karena masih menganggap diri sebagai newbie.

Bingung Belajar Ngeblog Dimana

Memang saya tergolong cukup nekad ketika memutuskan mengikat komitmen ngeblog dengan langsung membuat blog berdomain atau top level domain (TLD). Padahal saat itu jangankan ilmu ngeblog, bahkan skill menulis pun masih minim sekali.

Ternyata keputusan saya ini menjadi salah satu alasan saya tidak bisa mengikuti beberapa kelas blogging, alasannya adalah karena blog saya sudah TLD. Tapi pintu ilmu akan terus terbuka atas izin Allah bagi siapa saja yang benar-benar menghendakinya. Maka ketika saya belum bisa mengikuti kelas A, pasti tak lama lagi akan muncul kesempatan dari kelas B dan C.

Sama seperti kebanyakan pendatang baru, saya cukup intens mencari kelas-kelas atau komunitas menulis dan komunitas blogger. Sehingga pada satu kesempatan seorang teman dengan yakin mengatakan pada saya “Kalau mau belajar nulis yang bener, ikut aja IIDN.”

Tak lama kemudian akhirnya saya menemukan jalan untuk bergabung ke komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) melalui facebook group Ibu-Ibu Doyan Nulis Interaktif. Saat pertama kali memasuki rumah virtual IIDN, saya belum terlalu mengikuti kelas-kelasnya. Saat itu mayoritas kelas yang diselenggarakan adalah kelas menulis buku, antologi dan kelas-kelas lanjutan. Newbie seperti saya masih setia menunggu info kelas yang sesuai.

Ngeblog dari Nol Bersama IIDN

iidn ngeblog dari nol


Satu notifikasi dari facebook terasa seperti angin segar bagi saya. “PANGGILAN BAGI PARA BLOGGER”. Per September 2021 IIDN membuka dua grup berbeda para blogger. Grup yang pertama adalah grup ngeblog dari nol, dan grup kedua adalah grup blogging lanjutan.

Seperti yang telah saya terangkan di awal, saya sediri bingung menentukan dimana posisi saya sebenarnya. Hingga akhirnya saya masuk ke dua whatsapp group yang disediakan. Kemudian seiring berjalannya waktu saya memutuskan untuk fokus di grup ngeblog dari nol karena program di grup ini sudah mulai berjalan.

Selama kurang lebih tiga bulan mengikuti program dari tim blogger IIDN aktivitas di grup ngeblog dari nol bersama IIDN, saya jadi terpacu untuk membuat blogpost baru setiap pekannya. Karena setiap pekan kami rutin melakukan blog walking.

Ada perkembangan signifikan dari para peserta, per desember tahun 2021 teman-teman saya sudah mulai banyak yang beralih menggunakan blog dengan domain berbayar. Hal ini mengindikasikan kepercayaan diri peserta semakin meningkat. Selain itu dari tim IIDN juga rutin memberikan masukan-masukan bagi kami agar performa konten dan blog kami semakin baik dari waktu ke waktu.

kelas blogging iidn story telling bersama Deddy Huang


IIDN juga rutin menyelenggarakan kelas-kelas blogging gratis tapi tetap mengikat komitmen. Selama mengikuti aktivitas di grup ngeblog dari nol bersama IIDN sudah tiga dibuka kelas gratis. Namun saya baru baru mengikuti satu kelas saja yaitu kelas story telling bersama Deddy Huang.

Kelas terdekat yang akan dilaksanakan adalah kelas blog for newbie bersama ketua umum IIDN, mbak Widyani Yuliandari. Jika tidak ada halangan insyaAllah saya akan mengikuti kelas ini pada tanggal 28 Januari besok.

kelas blogging iidn ngeblog dari nol


Penutup

Mengikuti kelas-kelas ngeblog dari nol yang diselenggarakan oleh IIDN membuat kemampuan saya meningkat dari waktu ke waktu. Dengan pembelajaran yang santai, para pengurus IIDN telah membuat kami para peserta merasa nyaman dalam menulis dan semakin percaya diri.

Saya juga menyarankan teman-teman yang tertarik untuk menjadi blogger agar bergabung bersama IIDN karena disini akan dilatih untuk menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas dengan model pembelajaran yang gentle.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar