Cerita dari Rumah

Cara Cepat Menyetrika Agar Pakaian Cepat Licin dan Halus

Januari 17, 2022

cara cepat menyetrika baju


Saat ini saya sedang berjuang untuk menjadi perempuan yang cakap dalam tugas domestik. Ini bukanlah hal mudah bagi saya. Banyak skill yang saya butuhkan, termasuk tentang bagaimana cara cepat menyetrika pakaian.

Ingin Menjadi Ibu Profesional dalam Ranah Domestik

Sejak awal pandemi lalu saya memutuskan untuk tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga lagi karena beberapa alasan. Salah satunya adalah untuk meminimalisir kontak dengan orang luar. Terlebih anak-anak saya masih kecil-kecil dan tergolong usia yang rentan. Sedangkan asisten rumah tangga saya bekerja paruh waktu di rumah dari pagi hingga soe hari dan pulang selepas jam kerja selesai.

Beruntungnya saat pandemi suami saya bisa bekerja dari rumah atau work from home. Sehingga di sela-sela waktunya suami bisa membantu saya menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Kami membagi tugas. Karena saya bertugas memasak, maka suami mengambil peran untuk membantu saya mencuci peralatan memasak dan juga peralatan makan. Saya mencuci pakaian dan melipat pakaian kering, sedangkan suami bertugas menjemur dan mengambil pakaian yang sudah kering.

Selama hampir lima tahun kehadiran asisten rumah tangga saya memberikan kemudahan bagi saya untuk fokus mengasuh anak-anak yang jarak usianya tidak terpaut jauh satu sama lain. Begitu pandemi datang, priviledge ini tiba-tiba diangkat. Saya harus terjun sendiri untuk menyelesaikan urusan rumah. Meskipun begitu Allah memberikan saya kesempatan belajar secara bertahap, salah satunya dengan keberadaan suami yang bisa membantu saya.

Menyetrika di Laundry

Selama satu setengah tahun saya dan suami berjibaku dengan tugas rumah tangga. Selama itu pula banyak waktu berkualitas yang kami lalui bersama. Kini suami sudah kembali bekerja di kantor. Tantangan baru kini dimulai. Saya harus bisa memanajemen waktu dan aktivias agar tugas rumah tangga terselesaikan dengan baik. Dan karena suami sudah bekerja di kantor lagi, saya pun harus kembali menyetrika pakaian kerjanya (dan juga pakaian seluruh anggota rumah).

Menyetrika buat saya adalah tugas yang melelahkan karena membutuhkan banyak waktu. Dulu saat belum menikah saya suka sekali menyetrika bahkan hasilnya sangat halus, meskipun menghabiskan banyak waktu. Tapi kini dengan kehadiran tiga orang anak dan juga deretan tugas domestik yang perlu dikerjakan, rasanya tidak mungkin untuk menyetrika dengan teknik lama yang saya gunakan. Saya perlu mengetahui cara cepat menyetrika pakaian yang mudah, efisien dan hasilnya harus licin.

Dua bulan terakhir saya sudah mencoba berdamai untuk menurukan standar dengan mendelegasikan tugas menyetrika ke laundry pakaian yang menerima jasa menyetrika pakaian. Namun hasilnya tidak memuaskan hati saya karena banyak sekali bekas lipatan di pakaian. Sepertinya pakaian-pakaian ini setelah disetrika kemudian dilipat dan setiap lipatannya dipress lagi sehingga bekas lipatannya sangat jelas terlihat. Sedih deh saya.

tips menyetrika baju


Pada satu waktu saya kembali menghubungi orang laundry untuk menjemput pakaian yang akan disetrika, tapi pesan saya hanya dibaca saja. Untuk menghindari pikiran negatif akhirnya saya memutuskan menyetrika pakaian-pakaian itu sendiri dan taraaa.... semua pakaian langsung selesai disetrika pada sore itu juga. Kemudian sejak saat itu saya tak lagi menggunakan jasa menyetrika pakaian.

Cara Cepat Menyetrika Pakaian

Cara cepat menyetrika pakaian ala saya adalah:

Mengelompokkan Pakaian

Hal yang membuat menyetrika terasa membosankan adalah karena pekerjaan yang tak kunjung usai. Apalagi jika tumpukan pakaian sudah menggunung tinggi. Menurut James Clear dalam Atomic habit, kita perlu merasakan craving atau kepuasan saat melakukan aktivitas. Ini bisa diterapkan juga dalam menyetrika.

Melihat tumpukan pakaian yang harus disetrika sudah memberikan beban mental bagi otak kita. Untuk itu saya mengelompokan pakaian berdasarkan kategori tertentu seperti pakaian rumah anak-anak, pakaian rumah saya, pakaian rumah suami. Begitu juga dengan pakaian yang kami gunakan untuk bepergian.

Dengan begini akan muncul semangat baru ketika lelah dan bosan menyapa. “Alhamdulillah tinggal tiga lagi nih. Yuk semangat yuk!”

Mulai dari yang Mudah

Start small. Ini kunci yang saya pegang dalam melakukan banyak aktivitas termasuk menyetrika. Maka memulai dengan menyetrika pakaian yang mudah dulu termasuk dalam cara cepat menyetrika versi saya.

Biasanya saya memulai dengan menyetrika pakaian rumah dan menumpuknya menjadi beberapa lapis pakaian. Cara ini memudahkan bagi saya.

Tapi otak kita juga butuh variasi, maka definisi “mudah” pun memiliki beberapa makna. Terkadang saya merasa amat sangat bahagia ketika menyetrika pakaian baru hehehe... Apalagi pakaian saya sendiri. Kalau sudah happy, mood saya dalam menyetrika bisa terjaga sampai akhir.

Terkadang saya juga memulainya dengan prioritas pakaian yang dibutuhkan. Di awal pekan, saya semangat menyetrika pakaian kerja suami agar selama sepekan saya tidak perlu was-was kalau-kalau saya lupa menyetrika.

Jadi mulailah dengan definisi mudah menurut masing-masing. Cari bahagia kita sendiri.

Mulai dari Dalam

Untuk pakaian yang tebal atau bersablon, biasanya saya menyetrikanya dari dalam dahulu agar lebih cepat licin. Baru kemudian membalik pakaian tersebut dan memberi sentuhan akhir agar semakin rapi. Dan setrikalah pakaian dengan jalur lurus agar pakaian lebih cepat licin.

Tips Dalam Menyetrika

Untuk menjaga kenyamanan dan kemudahan dalam menyetrika, kita juga bisa menggunakan beberapa tips berikut ini:

Menggunakan Aluminium Foil untuk Menyetrika

Menyetrika pakaian dengan setrika yang dilapisi aluminium foil bisa membuat pakaian cepat rapi. Hal itu karena panas dari setrika tidak menyebar kemanapun dan hanya mengalir ke kain saja. Sehingga dengan penggunaan aluminium panas setrika bisa menembus sampai kebagian belakang yang membuat pakaian lebih rapi tanpa perlu di balik ke sisi lainnya.

Menggunakan Setrika Uap

Jika ada anggaran untuk membeli setrika uap, maka kita bisa menggunakannya untuk membuat pekerjaan menyetrika menjadi lebih cepat. Setrika uap membantu untuk mempermudah kita menghilangkan kerutan di sekitar pakaian yang sulit dijangkau. Sebab uap panas yang diberikan pada setrika bisa menyebar dan membuat pakaian lebih mudah untuk dirapikan. Setrika uap juga dikenal lebih aman dalam pemakaian untuk seseorang yang ingin menggunakan baju yang rapi dengan cepat.

Gunakan Pelembut Pakaian

Bukan hanya teknik dalam menyetrika yang diperhatikan untuk membuat pakaian halus dengan cepat. Tetapi tips menyetrika halus dan cepat juga harus memperhatikan jenis sabun dan pelembut yang digunakan saat mencuci.

Pakaian yang lembut tidak cukup hanya menggunakan sabun pencuci pakaian saja. Tambahkan dengan menggunakan pelembut pakaian yang sesuai dengan jenis bahan dan kulit kita. Penggunaan pelembut pakaian bisa mempercepat menyetrika agar pakaian lebih rapi walaupun dengan suhu yang tidak terlalu tinggi.

Gunakan Penjepit

Jika kesulitan untuk mengatur pakaian yang disetrika terus bergerak saat prses menyetrika, cobalah menggunakan penjepit pakaian yang digunakan pada ujung setiap sisi pakaian. Penjepit akan menahan pakaian dari tarikan yang disebabkan setrika yang menyangkut saat digosok.Pastikan juga penjepit yang kita gunakan dalam keadaan bersih agar tidak ada kotoran atau noda yang menempel pada pakaian saat proses menyetrika.

Bersihkan Jika Setrika Lengket

Alas besi pada setrika bisa lengket jika suhu yang diatur tidak sesuai dengan jenis bahan pada pakaian. Sehingga menyebabkan sedikit bau gosong yang tidak enak jika alas setrika lengket.

Besi setrika yang lengket bisa mengganggu gerakan saat menyetrika pakaian karena bahan akan mudah tertarik. Maka cobalah untuk membersihkan setrika saat ingin digunakan dengan menghilangkan area yang lengket. Sebab jika dipaksakan area tersebut bisa membuat pakaian kotor dan meninggalkan noda hangus.

Atur Suhu

Pengaturan pada suhu setrika sangat penting untuk mempercepat proses penyetrikaan. Maka kenali bahan pakaian yang ingin di setrika atau perhatikan aturan perawatan pakaian yang diberikan pada tag saat membeli.

Pengaturan suhu rendah bisa dimulai dari pakaian yang tipis, sampai ke suhu tinggi untuk pakaian yang lebih tebal. Sebab jika suhu tidak tepat bisa membuat bahan pada pakaian rusak dan lengket pada besi setrika.

Selain itu perhatikan waktu yang pas dalam menyetrika pakaian. Jangan sampai pakaian terlalu lama terkena suhu panas. Hal itu bisa menyebabkan kerusakan pada bahan dan lunturnya warna.

Pemilihan Alas Setrika

Kita juga harus memerhatikan alas setrika yang kita gunakan. Jika menggunakan alas dari bahan kayu, maka cobalah gunakan dengan alas bahan yang tidak tipis dan tidak licin.

memilih meja setrika


Perhatikan Posisi Menyetrika

Sebagian orang mungkin lebih nyaman menyetrika dalam posisi duduk di lantai. Ada juga yang senang menyetrika den meja yang tinggi, baik dalam posisi duduk menggunakan kursi ataupun berdiri. Kalau saya pribadi lebih suka menggunakan meja setrika. Menurut saya lebih ergonomis dan membuat saya cepat bergerak.

Penutup

Itulah cara cepat menyetrika yang sudah saya lakukan dalam menyelesaikan tantangan saya di ranah domestik. Jika teman-teman memilliki tips dan cara cepat menyetrika versi teman-tean, boleh sharing di kolom komentar ya.

 

Be First to Post Comment !
Posting Komentar